Jumat, 08 Mei 2015

Menjajal Pesona serta Keindahan Gunung Kinabalu

Menjajal Pesona serta Keindahan Gunung Kinabalu - Untuk beberapa pendaki gunung, meraih puncak-puncak paling tinggi mendatangkan kenikmatan sendiri. Bila belum mampu meraih Everest, tak ada kelirunya coba mendaki gunung paling tinggi di Asia Tenggara. Namanya, Gunung Kinabalu. Gunung ini adalah salah satu Tempat Wisata Menarik di Malaysia yang mempunyai ketinggian 4095 mtr. diatas permukaan laut, terdpt di utara pulau Kalimantan, tepatnya lokasi Kinabalu, Sabah, Malaysia.
Gunung ini sangatlah terang tampak dari segi manapun di negara sisi Sabah. Puncak gunung umumnya tampak terang pada pagi hari, saat sebelum awan menutupinya. Puncak ini di kenal dgn jg nama Low’s Peak atau Puncak Low serta adalah salah satu menantang adrenalin banyak pendaki. Waktu-waktu pendakian umumnya ada di seputar bln. Mei-Agustus. Umumnya cuaca terbilang baik di bulan-bulan ini, karena pendaki memanglah akan tidak diijinkan naik apabila hujan telah mengguyur areal gunung. Jalur yang ditempuh melalui Timpohon Gate (1866 mtr.), Pondok Layang-layang (2702 mtr.), Laban Rata (3273 mtr.), Pondok Gunting Lagadan, Pondok Sayat-sayat, serta selesai di Puncak Low.
Mendaki puncak Kinabalu memanglah jadi tantangan sendiri. Beberapa pendaki masih tetap mesti didampingi oleh seseorang guide untuk mendaki sampai ke puncak, walau gunung ini tak akan dpt disebut beresiko bila dibanding dgn gunung-gunung dunia yang lain yang sering didaki. Persoalan birokrasi benar-benar sangat ketat disini. Permasalahan ini bakat dikira jg sebagai ‘bagian terberat’ dari pendakian di Gunung Kinabalu. Diluar itu, cost guide jg tak dpt disebut murah.
Ada ketakjuban sendiri waktu ada di puncak Kinabalu, terlebih waktu melihat matahari terbit pada pagi hari. Bila tak mampu mendaki puncak Kinabalu, bertandang ke Taman Nasional Tuanku Abdul Rahman dpt jg jadi alternatif. Taman nasional ini adalah salah satu spot menarik serta jadi tujuan beberapa pengunjung yang mau hindari panas serta lembabnya daerah pesisir. Terdpt banyak jalur yang bagus untuk tracking di rimba hujan yang ada dibawah gunung ini. Dgn kesejukan yang diperoleh dari rindangnya pohon-pohon, tempat ini betul-betul bakal mendatangkan kesegaran untuk beberapa pengunjungnya.

Untuk yang mengambil keputusan mau mendaki puncak Gunung Kinabalu, tak perlu cemas dgn akomodasi. Ada penginapan yang bagus baik didlm ataupun diluar Taman Nasional Tuanku Abdul Rahman.